Menjalin Silaturahmi

Alhamdulillah untuk hari ini dapat menjalin silaturahmi bersama sahabat seperjuangan,, meskipun lelah karena jarak perjalan yang memakan waktu satu jam tetapi sangat bersyukur karena dapat berkumpul dengan sahabat yang jarang ketemu. Dimana kita bisa sharing bareng tentang ilmu agama, pendidikan dan karir. Sampai-sampai dengan obrolan kita yang bermanfaat ini waktu pun tidak terasa sampai manunjukan jam 4.

Dari jam 1 sampai jam 4 itu waktu yang sangat bermanfaat karena dapat menjalin silaturahmi dengan sahabat-sahabat yang sholihah. Semoga di lain waktu bisa bertemu lagi dan lebih terjalin lagi silaturahmi yang kuat.

Bukber

Dari postingan yang tadi masih mengenai bukber, saya menemukan artikel dari grup whatsapp saya tentang *Kerusakan Buka Bersama (Bukber)*  yukk langsung aja kita baca

*Sambil Reunian*

by Muhammad Abduh Tuasikal, MSc *Suatu yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan adalah buka bersama (bukber). Biasa dilakukan dengan teman lama, teman sekolah sambil bereuni atau dengan teman komentar.*

🍁 _Sebagai nasihat dan moga bisa dipertimbangkan ketika mengadakan buka bersama. Berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi:_

1- Lebih *mementingkan mengisi perut dan jalin ukhuwah* daripada shalat.

2- Ngobrol, haha hihi sampai Isya, *kadang shalat Maghrib ditinggalkan.* Padahal meninggalkan satu shalat saja bisa menghapuskan amalan.

مَنْ تَرَكَ صَلاَةَ الْعَصْرِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ

*“Barangsiapa meninggalkan shalat Ashar, maka terhapuslah amalannya”* (HR. Bukhari no. 594). Kalau disebut menghapus amalan, berarti meninggalkan shalat bisa menghapus amalan puasa. Na’udzu billahi min dzalik!

3- Shalat jama’ah pun ditinggalkan Cuma karena lebih *mementingkan kebersamaan di meja makan* dengan teman-teman.

Lihat peringatan bagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi pria yang enggan berjama’ah,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلاَةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلاَةُ الْعِشَاءِ وَصَلاَةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا وَلَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَتُقَامَ ثُمَّ آمُرَ رَجُلاً فَيُصَلِّىَ بِالنَّاسِ ثُمَّ أَنْطَلِقَ مَعِى بِرِجَالٍ مَعَهُمْ حُزَمٌ مِنْ حَطَبٍ إِلَى قَوْمٍ لاَ يَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ بِالنَّارِ

*“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya dan shalat Shubuh.* Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada dalam kedua shalat tersebut tentu mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak. Sungguh aku bertekad untuk menyuruh orang melaksanakan shalat. Lalu shalat ditegakkan dan aku suruh ada yang mengimami orang-orang kala itu. Aku sendiri akan pergi bersama beberapa orang untuk membawa seikat kayu *untuk membakar rumah orang yang tidak menghadiri shalat Jama’ah.*” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651, dari Abu Hurairah).

4- Yang paling sering nih, *shalat tarawihnya pun ditinggalkan* sehingga tidak mendapat pahala shalat semalam suntuk bersama imam. Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ بَقِيَّةُ لَيْلَتِهِ

*“Sesungguhnya jika seseorang shalat bersama imam hingga imam selesai, maka ia dihitung mendapatkan pahala shalat di sisa malamnya.” (HR. Ahmad 5: 163. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim)*

5- Kadang campur baur antara laki-laki dan perempuan. *Padahal sejak dalam shalat jama’ah saja kita sudah diperintah memisahkan antara laki-laki dan perempuan supaya tidak timbul fitnah.*

Kalau mau bukber, saran kami, *shalat Maghrib, Isya dan Tarawihnya tidak ditinggalkan dong.* Ukhuwah kok lebih dipentingkan daripada hak Allah? Emang Allah yang memberi keselamatan ataukah teman-teman?

*Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.*

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.Com

Semoga bermanfaat..

Nikmat-nya Buka Puasa Bersama

Alhamdulillah tak terasa di bulan suci ini sudah 6 hari menjalankan ibadah puasa. Dan alhamdulillah hari ini bisa buka puasa bersama teman kosan meskipun tidak semua teman kosan lain nya karena kondisi nya sedang mudik dan kebetulan menu buka puasa kita sudah di persiapkan oleh salah satu teman kita yang berulang tahun. Menu nya ayam penyet dan sop buah bagi kita itu juga lebih dari cukup  😊

Kami hanya bisa mendoakan semoga apa yang telah diberikan semoga berkah dan menjadi ladang pahala ..aamiin

Nikmat nya berbuka puasa hari ini karena ada menu sop buah kesukaan ku, dan yang paling penting kalau setiap buka puasa saya di awali dengan minum air putih hangat. Karena itu sangat penting karena perut kita dalam keadaan kosong maka harus diawali sengan air hangat tidak boleh air es karena itu tidak baik bagi kesehatan kita 😊

Semoga nikmat nya berbuka puasa ini menjadi berkah dan puasa kita di terima oleh Allah SWT

Nyumedang 🙄🤗

Setelah seminggu libur awal puasa akhir nya ke kosan lagi karena besok hari selasa seperti biasa ada jadwal kuliah ..

Singkat cerita tadi pas dari rumah berangkat pagi karena ada beberapa kebutuhan yang harus di beli di pasar sumedang. Saya ke pasar sumedang bersama teman saya Kurnia Aryanti ,,berangkat jam 6 sampai sumedang nya jam 8 dikarenakan supir elf melajukan mobil nya lambat 😏

Setelah nyampe ke kosan saya nyimpan dulu barang  lalu pergi deh ke pasar belanja kebutuhan cewe 😁 saya dan Kurnia mengunjungi ke beberapa toko ehh barang yang mau di beli nya habis cuman Kurnia saja yang barang yang ke beli.nya cuma 1 barang dan saya alhasil tidak beli apa apa karena barang nya habis ..ujung ujung nya beli nya di Griya 😁

Dengan mengunjungi ke beberapa tempat seperti pasar, toko baju meskipun lihat-lihat doang 😁 , toko cerdas , toko kosmetik, toko parfum, grosir  dan griya. Dan itu semua itung itung ngebuburit  nunggu siang 😁😂

Semangat menjalankan puasa yang ke 5 hari😊😁😀

 

Ngebuburit

Alhamdulillah jadi juga ngebuburit walaupun jadi nya sama mamah 😁 terus cuman keliling alun-alun saja 😀

Rame banget banyak yang jualan makanan , ada mainan anak anak, naik kuda, terus ada bazar pula, bazar nya itu di adakan oleh karangtaruna darmaraja bagus ya😁pokok nya setiap ramadhan di alun alun darmaraja suka ngadain seperti itu..Jadi siapa saja yang mau beli kupon nanti dituker lalu di undi deh dan hadiah nya pun macem macem loh … Tadi nya mau beli kupon nya tapi ragu ragu😁

Ngebuburit nya tidak lama soalnya takut dosa takut tergiur oleh jajanan nanti mubajir kalo gak dimakan ..saya langsung pulang lagi ke rumah soal nya mau menyiapkan untuk buka puasa 😁

*mohon dimaklum gambar nya agak gelap soalnya ngambil foto nya diem diem 😁

 

Rencana Ngebuburit

Menjelang buka puasa pasti ada yang dinamakan ngebuburit , sambil menunggu buka puasa pasti ada yang nonton tv, ngebuburit keluar misalnya main ke alun-alun, menyiapkan menu buka puasa atau bisa dengan membaca al-qur’an 😊😊

Kebetulan nanti sore mau ngebuburit nih sama temen waktu SMP 😁 cerita nya reunian meskipun cuman 2 orang 😂 .. Rencana nya mau main ke alun-alun karena disana banyak yang jualan berbagai makanan takjil. Setelah itu mau mampir juga ke pesisir jatigede mau liat matahari terbenam😀 …Rencana ngebuburit ini tadi nya rencana nya kemarin dikarena kan cuacanya tidak mendukung hujan deras rencana otomatis gagal,,dan semoga hari ini tidak hujan yah😁

Fighting 💪

Pagi pagi harus semangat ,,terutama hari ini banyak yang harus di kerjakan dimulai dari beres-beres rumah, bantuin orang tua isi rapot murid nya, nganterin ke pasar, nyuci baju, nyetrika dan sore nya bantuin mamah masak 😓 terus kalo ada waktu pengen ngebuburit ke alun alun 😁

Bismillah ,,semoga karena sedang melaksakan puasa apa yang kita lakukan berkah yah 😊dan semangat kita tidak menurun terus  jangan sampe males-malesan ya sob 😁  Jangan tidur terus nanti makruh 😀

Penikmat Senja🌄

Kemarin sore saya menikmati indahnya matahari tenggelam, saya melihat dari pesisir jatigede😀 menikmati angin spoy-spoy, terus ada ombak kecil kaya di pantai 😁😁

Masyaallah indahnya ciptaan_Mu 😊

Tidur Saat Puasa Niatkan Ibadah

Hai teman kenapa ya kalo setiap menjalankan ibadah puasa bawaan nya ngantuk terus ya 😁 tapi saat menjalankan puasa ini mending tidur mendapatkan pahala daripada menggosip 😁😁 Tapi ini selalu banyak di pertanyakan oleh masyarakat apakah saat berpuasa tidur itu berpahala . Biar lebih jelas yuuk kita baca sama-sama artikel tentang tidur nya orang berpuasa. Kebetulan artikel ini aku dapatkan dari grup Whatsapp☺

📙📘*💤Tidurnya Orang yang Berpuasa adalah Ibadah*????

*Apakah benar tidur orang yang berpuasa itu berpahala? Apakah benar seperti itu?*

Di bulan Ramadhan saat ini, kita sering mendengar ada sebagian da’i yang menyampaikan bahwa tidur orang yang berpuasa adalah ibadah. Bahkan dikatakan ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga dengan penyampaian semacam ini, orang-orang pun akhirnya bermalas-malasan di bulan Ramadhan bahkan mereka lebih senang tidur daripada melakukan amalan karena termotivasi dengan hadits tersebut. Dalam tulisan yang singkat, kami akan mendudukkan permasalahan ini karena ada yang salah kaprah dengan maksud yang disampaikan dalam hadits tadi. Semoga Allah memudahkan dan menolong urusan setiap hamba-Nya dalam kebaikan.

Derajat Hadits Sebenarnya Hadits yang dimaksudkan,

“Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.”

*Perowi hadits ini adalah ‘Abdullah bin Aufi. Hadits ini dibawakan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman 3/1437. Dalam hadits ini terdapat Ma’ruf bin Hasan dan dia adalah perowi yang dho’if (lemah). Juga dalam hadits ini terdapat Sulaiman bin ‘Amr yang lebih dho’if dari Ma’ruf bin Hasan*.
Dalam riwayat lain, perowinya adalah ‘Abdullah bin ‘Amr. Haditsnya dibawakan oleh Al ‘Iroqi dalam Takhrijul Ihya’ (1/310) dengan sanad hadits yang dho’if (lemah).
Kesimpulan: Hadits ini adalah hadits yang dho’if. Syaikh Al Albani dalam Silsilah Adh Dho’ifah no. 4696 mengatakan bahwa hadits ini adalah hadits yang dho’if (lemah).*

*Tidur yang Bernilai Ibadah yang Sebenarnya*Setelah kita menyaksikan bahwa hadits yang mengatakan “tidur orang yang berpuasa adalah ibadah” *termasuk hadits yang dho’if (lemah), sebenarnya maknanya bisa kita bawa ke makna yang benar.* Sebagaimana para ulama biasa menjelaskan suatu kaedah bahwa setiap amalan yang statusnya mubah (seperti makan, tidur dan berhubungan suami istri) bisa mendapatkan pahala dan bernilai ibadah apabila diniatkan untuk melakukan ibadah. Sebagaimana An Nawawi dalam Syarh Muslim (6/16) mengatakan,

“Sesungguhnya perbuatan mubah, jika dimaksudkan dengannya untuk mengharapkan wajah Allah Ta’ala, maka dia akan berubah menjadi *suatu ketaatan dan akan mendapatkan balasan* (ganjaran).”
Jadi tidur yang bernilai ibadah jika tidurnya adalah demikian.

Ibnu Rajab pun menerangkan hal yang sama, “Jika makan dan minum diniatkan untuk menguatkan badan agar kuat ketika melaksanakan shalat dan berpuasa, maka seperti inilah yang akan bernilai pahala. Sebagaimana pula apabila seseorang berniat dengan tidurnya di malam dan siang harinya agar kuat dalam beramal, maka tidur seperti ini bernilai ibadah.” (Latho-if Al Ma’arif, 279-280)

Intinya, *semuanya adalah tergantung niat.* Jika niat tidurnya hanya malas-malasan sehingga tidurnya bisa seharian dari pagi hingga sore, maka tidur seperti ini adalah tidur yang sia-sia. Namun jika tidurnya adalah tidur dengan niat agar kuat dalam melakukan shalat malam dan kuat melakukan amalan lainnya, tidur seperti inilah yang bernilai ibadah.

Jadi ingatlah “innamal a’malu bin niyaat”, setiap amalan tergantung dari niatnya.

Semoga Allah menganugerahi setiap langkah kita di bulan Ramadhan penuh keberkahan.  Aamiin 🙂Segala puji bagi Allah yang dengan segala nikmatnya, segala kebaikan menjadi sempurna. Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shohbihi wa sallam, wal hamdu lillahi robbil ‘alamin.

Dan semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita ☺

 

 

Hari pertama Puasa 😊

Hari ini hari pertama puasa bagi seluruh umat Muslim,, tapi saya gak bisa menjalankan ibadah puasa pertama ini yaaa karena biasa kodrat nya  seorang wanita yaitu haid😁😔  .. Wanita yang sedang haid jangan dulu patah semangat ya karena tidak bisa mengikuti  ibadah puasa ,,kita juga bisa loh menjalankan ibadah terus mendapatkan pahala dan keimanan ketaqwaan kita bertambah yuukkk kita simak

1. Mendengarkan murotal

2. Memperbanyak dzikir dan berdoa

3.menyiapkan hidangan untuk berbuka

4.shodaqoh

5. Menyibukkan diri dalam hal yang positif

Semoga yang sedang menjalankan ibadah puasa pertama ini full sampe magrib ya 😀😁 dan mudah mudahan sampe sebulan penuh.aamiin